AKTUAL   |   SALAM   |   EMAS SDK   |   SEJARAH DESA   |   SEJARAH SUKU   |   OPINI   |   RENUNGAN   |   CERITRA LEPAS   |   IMPRESSUM   |   LINKS

 

BERITA-BERITA

FOTO-FOTO

VIDEO

BUKU TAMU NEW

 

20 September 2012

Pada hari ini kami berkesempatan mengunjungi keluarga Eichorn di kota Schernfeld. Kesitimewaan dari keluarga ini ialah cara mereka mencari nafkah dengan jalan memelihara domba. Sudah dua generasi yang hidup dari peternakan domba. Kami sangat mengagumi kemampuan keluarga Eichorn memelihara lebih dari 2000 ekor domba dan memanfaatkan begitu banyak peralatan moderen untuk tujuan ini. Selain dua orang tenaga penggembala domba, keluarga yang terdiri dari dua orangtua dan empat orang anak ini tidak mempekerjakan siapaun. Semua pekerjaan mulai dari produksi makanan ternak di ladang hingga penyembeliahan dan penjualan daging serta kulit domba ditangani sendiri oleh keenam anggota keluarga. Foto-foto kunjungan kami dapat anda lihat dengan sebuah klik pada gambar berikut ini:

17 September 2012

Setelah ayah memperoleh pengobatan dan perawatan gratis dari Dr. Agust Ruff dan Istrinya, kami diundang untuk makan siang bersama seluruh anggota keluarga pada hari Minggu tanggal 16 September 2012. Dr. Agust Ruff ialah seorang dokter umum yang hidup dan berkarya di Pollenfeld sejak 30 tahun yang lalu. Dia memiliki dua orang putra dan dua orang putri, seperti tampak pada kedua foto ini.

 

 

 

Kota Eichstätt merupakan pusat keuskupan Eichstätt. Kunjungan kami pada tanggal 15. September 2012 diabadikan dari salah satu bukit strategis tempat kita dapat menikmati keindahannya. Di kota ini anda dapat belajar di Universitas Eichstätt, satu-satunya universitas katolik di Jerman.

 

14 September 2012

Kunjungan rekan misionaris asal Indonesia

Pada tanggal 12 September 2012 saya bersama kedua orangtuaku dikunjungi oleh tiga orang imam SVD asal Indonesia. Kunjungan yang tidak direncanakan sebelumnya ini sangat membesarkan hati dan membahagiakan. Pater Zacharias Sago SVD (Misionaris SVD asal Lembata) yang saat ini berkarya sebagai imam di kota München membawa serta dua orang tamunya yakni Pater Yoskot (Yosef Uje Harut) dan Pater Agust. Pater Yoskot, kelahiran Podor, Waibalun, Larantuka, ialah teman kelas saya dari Hokeng dan Ledalero. Beliau adalah misionaris Ecuador yang kini mendapat tugas belajar di Roma, Italia. Sedangkan Pater Agust adalah Misionaris SVD asal Timor, yang berkarya di Provinsi SVD Jawa. Beliau juga sedang menjalankan tugas belajar di Roma, Italia. Mereka sedang mengambil cuti selama tiga minggu di Jerman. Foto-foto kunjungan mereka dapat anda saksikan dengan mengklik foto berikut. Selamat menyaksikan!

 

Memandang langkahku dengan kacamata ayah dan ibu

 

Salah satu rencana istimewa dalam liburanku ialah memboyong kedua orangtua untuk melihat dari dekat ladang hidup dan karyaku di tanah Jerman. Perjalanan yang kami mulai pada tanggal 23 Agustus 2012 untuk sementara sudah kami akhiri pada tanggal 7 September 2012 setelah mendarat di Bandar Udara Internasional Frankfurt Jerman pkl. 20.40 malam, dan dilanjutkan dengan perjalanan dengan Mobil menempuh lebih dari 300 km menuju ke Pollenfeld, desa kecil, tempat saya hidup dan beraktivitas.

 

Ada begitu banyak pengalaman indah yang tidak bisa saya bahasakan secara sempurna lewat kata-kata hampa di layar ini. Tetapi kiranya foto-foto yang dapat anda saksikan berikut ini bisa menceritrakan sendiri sejumlah alasan derai airmata gembira orangtuaku karena memperoleh kesempatan untuk  menapaki sendiri alunan langkah panggilanku sejak 17 tahun terakhir di Eropa.

 

Terimakasihku ingin kupersembahkan untuk Dia yang telah menuntunku. Terimakasihku juga untuk anggota keluarga,  sahabat kenalan  dan semua orang yang dengan caranya masing masing telah membantu mensukseskan dan memberi warna indah perjalanan kami.

Bersama anggota keluarga yang menghantar ke Bandara Frans Seda Maumere pada tanggal 23 Agustus 2012.

Beranjak meninggalkan Bandara Frans Seda Maumere, masuk kedalam pesawat merpati yang akan membawa kami ke Makasar, dan selanjutnya ke Jakarta.

Bersama Sr. Lucia Anggraini OSU, yang dengan penuh perhatian menerima dan mengatur keberadaan kami di Jakarta selama 14 hari.

 

Berkunjung ke tempat tinggal saudara sepupu Stefin Werang dan keluarganya di Kranji, Bekasi Barat

Jakarta tanpa MONAS, bukan Jakarta!

Piknik di ANCOL bersama keluarga- Untuk melihat foto-foto selanjutnya yang dibuat di Ancol, klik pada kedua foto di atas atau DISINI!

Mampir di Grand Indonesia

Sehari di Ragunan

Pamit dari Sr. Lucia OSU dan Sopirnya di Bandara Internasional Sukarno Hatta dan siap terbang ke Jerman melalui Singapur

Dalam pesawat Singapur Airlines

Melancong di Singapur dengan Bis Kota gratis!

Semalam di Hotel Mandarin Orchid Singapur, karena pesawat Lufthansa tidak jadi terbang.

Tempat tujuan wisata pertama di Jerman: Aula Pembebasan (Befreiungshalle) di Kehlheim

13 September 2012

Pada tanggal 20 Agustus 2012 saya sempat berjumpa dengan Zeferin Lewoema, salah seorang pengunjung setia eputobi.net yang kini terlalu sibuk untuk mampir lagi ke sini. Beliau sedang menemani kedua putrinya berenang di pinggir pantai Meting Doeng, Weri, Larantuka.

Pada awal liburan saya tahun ini di Indonesia, saya sempat mengunjungi adik saya Oncu Man yang berdominsili di Timika, Irian Jaya. Perjumpaan kami terakhir ialah tujuh tahun lalu saat Oncu Man baru saja menyelesaikan studi S1-nya di Ende, Flores. Kini Oncu Man bekerja sebagai guru SD sederhana di Atuka, sebuah desa kecil yang letaknya agak jauh dari Timika dan hanya bisa dijangkau dengan menggunakan perahu motor. Oncu Man sudah menikah dengan Agustinus Rikardus, asal Maumere. Mereka kini dikaruniai 2 orang putra yakni Aldi dan Aldo.

 

Foto berikut ini memperlihatkan Sr. Claudia, FCh, berdiri di depan Gereja Katedral Timika yang baru selesai dibangun dan diresmikan setahun yang lalu. Bisa dilihat halaman Katedral yang masih berada dalam proses penataan.

Suster-suster FCh yang sempat menerima saya dengan ramah di biara mereka, berkarya terutama di Rumah Sakit Caritas Timika yang sangat besar dan harum namanya di seluruh Irian Jaya.

Pantai Lato, hemat saya, merupakan salah satu pantai terindah di seluruh dunia. Mudah-mudahan keaslian alam yang ia tampilkan tidak terjamah tangan-tangan usil dunia moderen. Foto di bawah ini bisa membuktikan apa yang saya katakan dan nikmati sendiri.

11 September 2012

Perkembangan pembangunan di desa kita Eputobi pada 10 bulan terakhir boleh dibilang sangat pesat. Hasilnya dapat saya abadikan dalam bentuk foto-foto menarik saat kunjungan saya selama 10 hari di bulan Agustus 2012. Berikut ini anda diundang untuk menikmati hasil kerjasama masyarakat dan pemerintah desa Lewoingu lewat gambar-gambar berikut:

Beranda masuk ke desa Lewoingu kini ditata dengan wajah baru dan warna segar yang mengundang orang untuk berhenti sejenak untuk melihat isinya.

 

Sebuah gedung Poskesdes megah sudah di bangun di atas balai desa lama, tempat Bidan Astri membuka praktek, menolong orang sakit di desa kita.

 

 

Bidan Astri dalam POSKESDES Eputobi Lewoingu

 

Foto bersama sejumlah umat dan aparat desa usai misa hari Minggu, tanggal 19 Agustus 2012 yang lalu. Tampak dalam gambar selain kepala Desa Michael Torangamang Kelen, juga seorang wajah lama yang hampir tidak pernah saya jumpai di Eputobi karena beliau berdominsili di Denpasar: Kakak Imi Manuk (pertama dari kiri).

 

Gedung baca yang menyediakan sejumlah buku menarik untuk anak-anak dan orang dewasa. Sayang bahwa gedung ini sepi pengunjung karena budaya baca hampir belum kita miliki.

 

Salah satu program penting tahun ini ialah proyek pengadaan air bersih untuk desa kita dan desa-desa sekitar. Tampak dalam Foto bapak kepala Desa dan seorang kepala dusun sedang memperlihatkan kecilnya volume air yang saat ini berusaha memenuhi kebutuhan hidup sehari hari dari kurang lebih seribu orang.

 

Foto anak-anak SEKAMI beserta para pendamping mereka di depan gereja St. Yosef Eputobi usai misa hari Minggu tanggal 19 Agustus 2012

Baca berita-berita sebelumnya KLICK DISINI !

 

ARSIP BERITA:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FOTO FOTO DARI ISRAEL:

HARI PERTAMA

HARI KEDUA

HARI KETIGA

HARI KEEMPAT

HARI KELIMA

HARI KEENAM

HARIKETUJUH

HARI KEDELAPAN

HARI KESEMBILAN

AKTUAL   |   SALAM   |   EMAS SDK   |   SEJARAH DESA   |   SEJARAH SUKU   |   OPINI   |   RENUNGAN   |   CERITRA LEPAS   |   IMPRESSUM   |   LINKS